Posted by : Unknown Rabu, 07 Mei 2014




Pengalaman Berharga dalam Berbisnis
Pada semester 2 kelas 10 di sma aku sempat mengikuti suatu bisnis dan saat itu hatiku sedang geram-geramnya dalam memulai bisnis tersebut. Pada bisnis yang pertama aku memulainya dengan bisnis MLM yaitu multilevel marketing yang dimiliki oleh perusahaan DNI. Mungkin banyak diantara perusahaan ini adalah pulsa. Cara kerja bisnis ini hanya dengan menjual kartu chip. Aku sangat mengebu-gebu waktu itu karena di dalam diriku serasa inilah waktu untuk memulai suatu bisnis. Awalnya aku berpikir bahwa bisnis ini adalah  bisnis yang sangat mudah karena bisnis ini hanya membutuhkan jasa untuk mencari teman agar mereka join sehingga aku  memperoleh komisi. Namun, hal tersebut bukanlah hal yang mudah. Sangat sulit sekali untuk mencari teman untuk join. Satu teman saja kuperoleh dalam jangka waktu yang cukup lama. Banyak sekali alasan mereka untuk tidak join. Dari yang masih belum punya uang, tanyak orang tua, dal lain-lain. Padahal pada akhirnya mereka tidak jadi join.

Dari semua hal yang kulakukan aku terus berjuang dengan tidak kenal menyerah. Sehingga suatu kali aku menemui teman lamaku yang dimana dia adalah anak seorang pemulung. Aku langsung menawarkan bisnis tersebut untuk membantunya. Dia juga langsung merespon untuk join. Karena dia tidak mempunyai modal untuk join aku menemaninya untuk mencari pinjaman. Suatu kejadian yang sangat tiba-tiba terjadi yaitu dompet seseorang jatuh dan ternyata di dalam dompetnya berisi uang dalam jumlah yang tidak sedikit. Tanpa panjang lebar, aku segera mencari alamat untuk mengembalikannya. Di perjalanan untuk mengembalikannya ternyata tidak mudah, mencari rumah orang tersebut yang berputar-putar dari satu desa ke desa yang lain membuat kami kesulitan. Namun, kami serasa lega ketika menemukan rumah dari pemiliknya. Pemiliknya dengan rasa terimakasih memberikan uang imbalannya sebesar 100 ribu kepada saya. Dengan senag hati, kami menerimanya karena temanku membutuhkannya untuk join. Pada waktu pulang rasanya hatiku sangat senang dan gembira sekali, karena meskipun sulit dan banyak tantangan aku memperoleh pengalaman yang sangat berharga dalam kehidupanku dan dari hal tersebut aku mendapatkan bukti bahwa partner atau rekan kerja sangat berharga karena kita bisa saling membantu, mendorong, memotivasi antara satu dengan yang lain. Aku serasa memperoleh kuliah atau pelajaran kehidupan dalam pengalaman tersebut. 

{ 1 komentar... read them below or add one }

- Copyright © Dave Andrew - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -